Rabu, November 26, 2008

PENGERTIAN-UNSUR PENUNJANG DAN STRATEGI MEREK

Write by Edy Chandar S.Sn

Pengenalan sebuah brand/merek dapat kita tinjau salah satunya melalui definisi 
seorang ahli pemasaran yaitu Philip Kotler. Menurut beliau definisi brand adalah:

"Merek adalah nama, istilah, tanda, simbol, atau rancangan, atau kombinasi hal-hal tersebut, yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang / jasa dari seorang atau sekelompok penjual dan untuk membedakannya dari produk pesaing".

Perlu kita ketahui juga terdapat 6 pengertian mengenai brand/merk, yaitu:

  • Bentuk Atribut: Merek meningkatkan pada atribut-atribut tertentu. Mercedez menyatakan sesuatu yang mahal, dibuat dengan baik, terancang dengan baik, tahan lama, bergengsi tinggi dsb.
  • Mendapatkan Manfaat: Pelanggan tidak membeli atribut tetapi manfaat. Atribut diperlukan untuk diterjemahkan menjadi manfaat fungsional / emosional.(mobil ini membuat saya bergengsi & di hargai).
  • Nilai: Merek juga menyatakan suatu tentang nilai produsen. Jadi Mercedez berarti berkinerja tinggi, aman, bergengsi dan sebagainya.

  • Budaya: Merek juga mewakili budaya tertentu, yakni terorganisasi, efisien & berkualitas merupakan budaya Jerman.
  • Kepribadian: Merek juga mencerminkan kepribadian tertentu. Kadang merek mengambil sebuah kepribadian seseorang.
  • Pemakai: Merek juga menunjukan konsumen yang membeli atau menggunakan produk tersebut. Pemakai Mercedez, misalnya diasosiasikan dengan seorang presiden direktur.


STRATEGI KUAT MEMBANGUN BRAND / MERK

Menurut Denise Barnwell seorang penulis buku “How To Be Distinctive And Remarkable In What You Do And How You Do It”.
Ada lima langkah strategi dalam membangun merek pribadi yang kuat, yaitu:
  1. Temukan target anda. Tidak semua pelanggan cocok dengan kriteria target Anda. Sebuah kesalahan besar ketika Anda tidak membuat rincian mengenai gambaran target seperti apa kriteria pelanggan Anda. Temukan segera pelanggan yang sesuai dengan target tujuan Anda.
  2. Kenali persaingan Anda yang sebenarnya. Tidak perduli dengan siapa Anda bersaing pastikan Anda menentukan pembeli akan membeli dari Anda karena produk Anda sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.
  3. Temukan point perbedaan Anda. Hanya sebuah dongeng belaka yang bercerita tentang marketing yang hebat adalah ketika merek Anda menjadi unik. Anda tidak perlu menjadi unik. Tetapi Anda hanya perlu tampil beda melawan dunia persaingan dan gambaran diri produk kita menempel pada target Anda. Kenali salah satu dari tiga unsur point Anda yang berbeda dan tunjukan kepada pada target Anda.
  4. Ciptakan rencana merek pribadi Anda. Dalam Pemasaran. Bawa merek pribadi Anda dalam hidup dengan cara bagaimana mengkomunikasikan secara verbal, dalam tulisan dan gambaran umum.
  5. Tulislah pernyataan merek pribadi Anda. Strategi ini akan menarik bersama-sama yang merupakan akibat 3 langkah berikut. Tulislah satu paragraf dari tiga pernyataan bahwa:
    (1) Gambarkanlah target pelanggan Anda dan apa yang mereka inginkan,
    (2) Pertandingan Anda yang sebenarnya merupakan figur referensi dan,
    (3) Point Anda adalah berbeda.
    Pernyataan ini akan menjadi identitas merek pribadi Anda.
    Hal ini akan menjadi sebuah catatan pribadi Anda bukan suatu hal
    yang harus Anda katakan kepada siapa saja.
8 pertanyaan penting dalam membentuk nama merek yang berkualitas Menurut Kaye Marks, ahli periklanan Amerika dalam membangun sebuah merek pribadi, yaitu:
  1. Bentuk bisnis seperti apakah yang Anda miliki sekarang? Apakah Anda punya tempat di benak masyarakat?
  2. Seperti apakah produk dan pelayanan Anda?
  3. Berapa lama Anda sudah beroperasi untuk menghasilkan produk ini?
  4. Apakah Anda mempunyai pesaing? Jika ya siapakah mereka?
  5. Siapakah target market Anda?
  6. Bagaimana target klien melihat Anda? Seperti apakah bisnis yang Anda lakukan saat ini?
  7. Apakah tujuan dan cita-cita produk Anda?
  8. Apakah Anda selalu intensif bergabung dalam kelompok target market Anda?

Tips untuk pembuatan brand image atau minimal untuk pembuatan logo/brand perusahaan:
  1. Tentukan target pelanggan, yang berarti mengetahui demografisnya (usia, jenis kelamin, lokasi tempat tinggal, pola dan kemampuan konsumsi).
  2. Tentukan aspek-aspek unggulan dari bisnis yang hendak disampaikan pada citra perusahaan.
  3. Salah satu tips shortcut untuk memudahkan pengembangan brand imageini juga dapat dengan mengamati brand dari pesaing, ataupun brand yang telah berkembang baik dengan jenis produk dan konsep yang mirip dengan usaha yang hendak dibina, dari sana dapat dikembangkan/ditambahkan detail baru agar merk Anda menjadi lebih unik.
  4. Merk tidak selalu harus rumit dan canggih, bila Anda perhatikan, banyak merk dari produk/perusahaan yang telah dikenal, menggunakan gaya eksekusi merk-nya yang sangat sederhana hingga berunsur retro/vintage (beberapa bahkan menerapkan 'hand sketch style') untuk menekankan bahwa perusahaan menggunakan bahan baku dan proses alami yang turun temurun, yang pada gilirannya akan meningkatkan loyalitas konsumen.
  5. Bila Anda tidak menguasai design grafis, dapat meminta bantuan rekan atau designer. Jangan lupa menyampaikan konsep apa yang ingin ditekankan, atau berikan beberapa contoh referensi merk acuan, jadi janganlah membiarkan designer yang menentukan aspek-aspek yang sebenarnya bisa menjadi keunggulan kompetitif Anda.
  6. Bila setelah sekian waktu, terjadi beberapa perubahan dalam usaha, misalnya perubahan produk utama ataupun skala usaha, bukan tidak mungkin merk dapat diubah atau dirancang ulang demi menyesuaikan dengan perubahan yang telah terjadi.

Sebuah merk atau brand image baik disadari maupun tidak, akan dapat menjadi identitas dan cerminan dari visi, kesungguhan, standar kualitas, pelayanan dan komitmen dari pelaku usaha atau pemiliknya, sehingga akan sangat baik bila Anda merencanakannya secara cermat.


Unsur Dasar Penunjang Merek /Brand

  • Pemilihan Warna: Bila kita perhatikan, maka begitu banyak merk yang menonjol di pasaran ternyata dibuat dengan warna dengan hanya pilihan warna dasar dan dengan jumlah atau variasi warna yang minim. Dengan pilihan warna yang minim, maka akan lebih mudah untuk mengaitkan pilihan warna dengan aspek emosi pemirsanya. Sebagaimana kita ketahui,sebuah Brand / Logo akan mulai berfungsi pada kesan pertama dari pemirsanya, maka dari itu pemilihan warna dasar akan berfungsi efektif mulai dari pertama kali diperkenalkan pada pemirsa.

  • Bentuk dan Jenis Huruf:Bentuk juga merupakan komponen yang krusial dalam penyusunan logo sebagai identitas produk, bentuk dan jenis huruf yang tepat akan dapat lebih mudah diingat oleh konsumen.
  • Nama yang Baik: Pemilihan nama merupakan hal pokok bagi setiap brand. Pemilihan nama perlu juga mempertimbangkan target jangka panjang dari sebuah usaha, bukan tidak mungkin sebuah bisnis dibuat untuk dikembangkan dengan metode waralaba di kemudian hari, atau juga mencoba penetrasi internasional, sehingga nama yang mudah diucapkan dan dikenali (recognized) akan lebih menguntungkan pada perkembangan usaha di tahap selanjutnya.

Pemilihan nama tidaklah juga selalu harus didasarkan sumber yang relevan atau berkaitan dengan produk, sebagai contoh,


nama Starbucks, didapatkan dari nama sebuah perahu yang jelas-jelas tidak berhubungan dengan produk kopi.


Penggunaan initial atau singkatan tertentu bisa juga menjadi inspirasi, dimana terkadang initial ini akan menjadi pertanyaan bagi konsumennya, sehingga saat mengetahui arti dari initial tersebut, maka nama brand akan melekat lebih permanen di benak konsumen, mari kita ambil contoh,



J.co Donut, banyak orang yang sebelumnya tidak tahu dan setelah mendapat informasi bahwa pemiliknya adalah Johnny Andrean (initial J), maka ide tersebut akan melekat dengan kuat.




Bagaimana dengan Rotiboy? Sang founder yaitu Hiro Tan memang sejak kanak-kanak menyukai penganan kue, sehingga dengan logonya tersebut ia mencoba mendisposisikan dirinya ke dalam merk, dan memang berhasil diterima masyarakat luas, dengan citra kepolosan dan sukacita dari seorang pecinta bakery yang dituangkan dalam sebuah logo pria dengan topi chef.


Gambar dan Foto digunakan hanya sebatas media pembelajaran saja bukan untuk komersil.